Ini Pentingnya Tes Antibodi untuk Ibu Prakehamilan. Kalau Kelewat, Bisa Berisiko untuk Janin

Walaupun dibahas rupanya test anti-bodi prakehamilan adalah test yang penting untuk dikerjakan lo. Anti-bodi yang dicari umumnya ialah protein istimewa yang dibikin oleh mekanisme imun yang ada pada darah. Anti-bodi ini umumnya bakal ada bila bumil bisa darah dari donor atau pernah melahirkan awalnya. Ini bisa juga tampil bila kamu dan bayimu tidak mempunyai type darah yang pas. Parahnya, rupanya anti-bodi mempunyai peluang untuk mengucur ke darah janin, yang mana dapat mencelakakan nanti.

Karena itu, test anti-bodi jadi penting untuk dikerjakan oleh bumil hingga bila dijumpai karena itu dapat diambil cara seterusnya. Lantas, bagaimana test ini dikerjakan dan berapa keutamaan? Baca yok keterangan secara lengkap dikutip dari WebMD dan sumber lain di bawah ini!

Mekanisme imun dalam ibu hamil membuat anti-bodi untuk melawan hal asing pada tubuh, yang mana mempunyai makna yang baik sebab berarti dia dapat melindungimu dan bayimu. Namun, bila sel darah merah punya ibu berlainan dengan janin, maka muncul permasalahan kembali. Yang umum umumnya ialah berkaitan factor Rh, type + atau – dalam tipe darah.

Bila Rh dalam darahmu – dan punya bayi + karena itu ada peluang terbentuk Rh anti-bodi dalam darahmu yang peluang akan mennyerang sel darah punya janin sebab dipandang asing. Ini bisa mengakibatkan tipe anemia yang serius bahkan juga dapat fatal.

Dikutip dari thewomens.org, ibu hamil akan diambil contoh darahnya pada lawatan pertama waktu check kehamilan untuk mengenali ada sel anti-bodi. Prosesnya sama dengan waktu test darah biasanya yakni memakai jarum untuk ambil contoh darah di pembuluh yang umumnya ada pada lengan. Contoh itu selanjutnya akan dibawa ke laboratorium untuk dilihat.